Jaga Protokol Kesehatan dan Tetap Semangat Pembelajaran Jarak Jauh

Layanan Pribadi

MENINGKATKAN

KECERDASAN EMOSIONAL

Pernah tidak sih kalian tiba-tiba merasakan emosi yang tidak menentu? Tiba- tiba merasa sedih, senyum-senyum sendiri, galau. Coba deh kenali emosi-emosi kalian, supaya kalian bisa mengatasi dan tau bagaimana cara mengelola emosi kalian. Cerdas itu tidak hanya dalam intelegensi saja ya, tapi cerdas secara emosional itu juga penting. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk memikirkan dan menggunakan emosi untuk meningkatkan kemampuan berpikir merasakan emosi dengan benar, untuk mengakses dan mengelola emosi untuk membantu pikiran, untuk memahami emosi dan pengetahuan tentang emosi, dan untuk merefleksikan emosi sehingga bisa mengatur emosi dan pertumbuhan intelektual. Berikut langkah-langkah meningkatkan kemampuan EQ kita :

  1. Memahami pentingnya kecerdasan emosional dalam  semua aspek kehidupan Anda.

Menjadi intelektual penting dalam hidup, tapi menjadi cerdas secara emosional dapat dianggap lebih, karena ada banyak manfaat yang terkait dengan kecerdasan emosional yang tinggi. Ada unsur-unsur utama kecerdasan emosional membantu Anda menjalani hidup seimbang:

  • Kesadaran diri : kemampuan untuk mengenali emosi Anda sendiri apa adanya dan memahami asal-usul mereka.
  • Manajemen diri : kemampuan untuk menunda kepuasan, menyeimbangkan kebutuhan Anda dengan orang lain, mengambil inisiatif dan untuk menarik kembali impulsif.
  • Kesadaran sosial : tentang menjadi selaras dengan emosi orang lain dan kekhawatiran, serta mampu melihat dan beradaptasi dengan isyarat-isyarat sosial.
  • Manajemen hubungan : tentang kemampuan untuk bergaul baik dengan orang lain, mengelola konflik, menginspirasi dan mempengaruhi orang dan berkomunikasi dengan jelas.

2.     Belajar mengenali pemicu stressssss dan bagaimana mengatasinya.

Hidup ini penuh dengan situasi sulit dari kerusakan hubungan dengan kehilangan pekerjaan. Bagian yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan emosional Anda adalah kemampuan melihat pemicu stres dan mengenalinya dan membuat diri Anda kembali merasakan ketenangan dan santai.

  • Berpikiran terbuka, serba ingin tahu serta menyenangkan.

Jadilah terbuka untuk ide-ide baru.  Pikiran yang sempit umumnya indikasi EQ rendah.  Untuk mengembangkan pikiran yang lebih terbuka, berusahalah untuk memahami dan merefleksikan emosi dan ide-ide orang lain. Jadilah terbuka untuk ide-ide dan pendapat mereka sehingga Anda berada dalam posisi untuk mempertimbangkan semua kemungkinan dalam cara yang positif.

 Untuk memperkuat unsur EQ Anda, pertimbangkan:

  • Mendengarkan debat di televisi atau radio; dalam melakukannya, selalu pertimbangkan kedua sisi argumen, serta menyadari bahwa ada nuansa dan seluk-beluk yang memerlukan pemeriksaan lebih dekat.
  • Jika Anda merasa bahwa Anda memiliki pikiran yang berantakan, tuliskan pikiran dan ide, kritik pikiran-pikiran, dan berpikir tentang mengapa Anda mungkin memiliki pendapat ini.
  • Untuk menghapus kewalahan pikiran, lakukan sesuatu yang menenangkan seperti pergi ke pantai yang sepi atau jalan-jalan. Mengambil istirahat dari apa pun yang Anda lakukan dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan situasi yang berlangsung perubahan.
  • Ketika Anda mendengar sesuatu yang Anda tidak setuju, sebelum memutuskan Anda membenci ide tersebut, pertimbangkanlah. Ketika seseorang tidak bereaksi secara emosional dengan cara yang sama, pertimbangkan mengapa hal ini terjadi.
  • Untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk menjadi menyenangkan, tingkatkan kepercayaan Anda pada orang lain. Ini tidak berarti menjadi naif atau mudah ditipu tetapi tidak mengharuskan Anda untuk siap untuk melihat yang terbaik pada orang dan untuk tidak berasumsi yang terburuk.

4.  Jadilah ramah dan berempati.

Mereka yang memiliki kemampuan untuk memahami orang lain dan kepentingan langsung terhadap sifat eksternal bukannya fokus pada diri sendiri (egois) memiliki kualitas keterbukaan dan empati. Keterbukaan dan empati tumbuh bersamaan – ketika bekerja bersama-sama Anda memiliki pemahaman, menjadi tanpa pamrih. Orang yang Mementingkan diri sendiri umumnya tidak memiliki empati, dan orang yang tidak memiliki empati secara umum melihat kehidupan melalui mata kebutuhan dan keinginan mereka sendiri.Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas juga membantu Anda untuk mengelola konflik yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mempengaruhi orang lain secara efektif.

5.  Jadilah teliti dan siap untuk berunding.

Pemikiran rasional dan tindakan merupakan aspek berlimpah kecerdasan emosional. Meskipun Anda dapat memahami situasi dengan baik dan memiliki gagasan yang jelas dari itu, jika Anda tidak dapat mengambil tindakan rasional ke arah itu maka apa gunanya pemahaman analitis dari situasi itu?

Banyak orang bisa “melihat” apa yang salah tetapi mereka berhenti di situ dan tidak beralih ke tindakan positif sebagai tindak lanjut. Melalui proses berpikir rasional dan bertindak atas musyawarah, Anda akan menemukan diri Anda membuat keputusan yang lebih baik dan kemampuan Anda untuk bertahan hidup kesulitan akan meningkat secara drastis. Dipasangkan dengan pikiran terbuka, Anda akan menemukan diri mengambil rute terbaik dari setiap situasi.

Cara untuk memperbaiki unsur EQ ini meliputi:

  • Ketika sesuatu terjadi, analisalah. Kadang-kadang hal itu bukanlah hal yang buruk untuk menganalisis lebih. temukan inti masalahnya, dan bersiaplah untuk bertindak atas apa yang telah ditemukan.
  • Tempatkan diri Anda dalam situasi hipotetis dan pertimbangkan bagaimana Anda akan bereaksi dalam situasi tertentu. Tantang diri Anda dengan gradasi mudah untuk situasi yang sangat sulit sehingga proses berpikir Anda harus bekerja keras. Berunding tentang situasi yang sulit sebelum terjadi pada Anda membantu untuk melatih pikiran Anda dalam reaksi bertanggung jawab.
  • Jadilah berorientasi pada tujuan. Menjadi teliti adalah berfokus pada prestasi dan mengambil langkah yang diperlukan untuk sampai ke sana. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah untuk membentuk tujuan dan menuliskannya. Sulit untuk pergi ke suatu tempat jika Anda tidak memiliki peta.
  • Sebelum membuat keputusan, pastikan Anda telah mempertimbangkan semua kemungkinan. Menjadi bijaksana membutuhkan kesabaran pada impulsif dan menunda respon Anda sampai Anda memiliki semua fakta sebelum membuat keputusan dengan benar.
  • Ketika membuat keputusan, jangan memutuskan menurut suasana hati Anda. Misalnya, jika Anda marah pada saat keputusan, itu akan menjadi ide yang sangat buruk untuk membuat keputusan penting. Buatlah keputusan ketika Anda santai dan memiliki pikiran yang jernih.

6.  Menemukan kedamaian dalam diri Anda

Menemukan diri sendiri adalah sebuah perjalanan yang mencerahkan dan dapat memakan waktu – memang, seumur hidup – tetapi kesadaran bahwa Anda terus tumbuh, berubah dan belajar lebih banyak tentang diri Anda yang membuat Anda secara stabil. Sadarilah siapa Anda dan Anda akan mulai menjadi jauh lebih sadar orang lain dan impian, harapan, keterbatasan dan kekuatan.

Untuk memperbaiki ini unsur EQ, pertimbangkan tips ini:

  • Tanyakan pada diri Anda pertanyaan seperti, “Mengapa saya bertindak seperti itu?” “Mengapa saya memiliki keyakinan tertentu?” “Mengapa saya merasa begitu menghadapi memiliki keyakinan saya cacat?”
  • Kenali kekuatan dan kelemahan Anda dan membangun kekuatan saat bekerja keluar bagaimana baik menambah atau bekerja di sekitar keterbatasan Anda.
  • Mengembangkan moral dan mengevaluasinya. Hal ini paling baik dilakukan melalui bacaan yang luas, belajar dan mendengarkan sekelompok macam orang, termasuk mereka yang benar-benar menantang pAndangan Anda sendiri tentang dunia.
  • Sediakan tempat untuk pertumbuhan pribadi. Orang intelektual ingin tahu akan selalu tertarik pada pengembangan diri melalui pembelajaran, menemukan dan menciptakan kembali sesuai kebutuhan sepanjang hidup.

7.  Praktik keterampilan komunikasi.

Memiliki keterampilan komunikasi dalam hasil EQ lebih baik. Tingkat tinggi kemampuan komunikasi membuatnya lebih mudah untuk mengirim dan menerima pesan yang jelas, to-the-point dan menghormati batas-batas Anda sendiri dan orang lain.Adalah penting untuk tidak hanya membangun komunikasi verbal Anda, tetapi juga untuk mencatat bahasa tubuh Anda.

8.  Jadilah optimis.

Mereka yang optimis cenderung menjalani hidup yang bahagia dan sukses. Bila Anda optimis, akan lebih mudah untuk melihat keindahan dalam hidup dan benda sehari-hari.

Jika Anda memiliki pandangan negatif terhadap segala sesuatu, bagaimana Anda bisa mengharapkan untuk menjadi cerdas secara emosional? Negatif mendorong kita untuk tetap sibuk dengan diri kita sendiri, terfokus hanya pada apa yang bisa salah dalam hidup kita bukan membangun ketahanan kita dan menopang diri terhadap perubahan-perubahan kehidupan.

Optimisme menghasilkan baik emosional dan menjadi kesempatan yang lebih besar – orang ingin berada di sekitar orang yang optimis dan ini menarik mereka kepada Anda, dengan semua kemungkinan yang lebih banyak koneksi membawa Anda.Pastikan untuk mengambil beberapa waktu untuk berlatih optimisme dengan cara:

  • Mengidentifikasi fitur yang baik dan menghargainya
  • Menyadari kebaikan orang lain
  • Menyadari kekurangan, kemudian menerimanya
  • Membuat yang terbaik dari situasi sulit
  •  Menggunakan kesulitan sebagai bahan bakar untuk perbaikan
  •  Meningkatkan rasa humor Anda dan belajar untuk melihat sisi yang lebih ringan dari kesulitan hidup.