VISI SMA NEGERI 10 PURWOREJO
Terciptanya lulusan yang mempunyai daya saing global yang berketerampilan tinggi, bermoral, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta peduli dan berbudaya lingkungan.
MISI SMA NEGERI 10 PURWOREJO
- Menciptakan lulusan yang berilmu, berketerampilan, bermoral Pancasila dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya.
- Mendorong dan membantu siswa memahami diri dan mengenali potensinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
- Menciptakan keadaan yang akrab, disiplin, antar siswa dan antara guru, karyawan
- Membentuk siswa yang cepat tanggap terhadap tantangan zaman.
- Membentuk siswa yang mampu mengelola alam lingkungan daerahmya
- Menciptakan warga sekolah menjadi warga yang peduli terhadap situasi lingkungan
TUJUAN UMUM SEKOLAH
Sesuai dengan tujuan sekolah menengah. sekolah ini menetapkan tujuan umum yaitu : Meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
TUJUAN KHUSUS SEKOLAH
- Mewujudkan mutu lulusan tingkat satuan pendidikan yang meliputi dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagaimana terurai pada tabel di berikut ini.
No | Standar Nasional | Target Kompetensi Satuan Pendidikan | Sumber |
A | SIKAP | ||
1. | Memiliki perilaku yang mencer- minkan sikap: Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, Berkarakter, jujur, dan pe- duli, Bertanggungjawab,Pembelajar sejati sepan-jang hayat, dan Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan di lingkungan kelu-arga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam seki-tar, bangsa, negara, kawa-san regional, dan interna-sional. | Setiap siswa berkompeten dalam: Menghayati nilai-nilai tole- ransi dalam kehidupan ber bangsa dan bernegara.Mengamalkan agama da- lam kehidupan sehari- hari.Lebih menempatkan kitab suci sebagai pedoman hidup. Menerapkan nilai-nilai jujur, peduli, tanggung jawab dalam kehidupan sehari di sekolah. Menjalankan peran siswa sebagai insan pembelajar. Bersikap hidup sehat. Menghayati dan mengamal- kan siap peduli lingkungan.Menjalakan aktivitas untuk meraih kemuliaan kehidupan dunia dan akhirat. | Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang aga-mis, berkarakter, sehat, pembelajar, dan berperan menjadi teladaan. |
2 | PENGETAHUAN | ||
Memiliki pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan : ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora. Mampu mengaitkan pengetahu-an di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional | Menguasai pengetahuan faktu-al, koseptual, prosedural, dan meta-kognitif berkaitan: ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora. serta siswa mampu mengait kan semua itu pada konteks kehidupan di sekitarnya. | Guru menguasai pe-ngetahuan faktual, kon- septual, prosedural, dan metakognitif yang men-jadi muatan kurikulum untuk ditransfer kepada siswa melalui pembe- lajaran. Sekolah berdaya dalam memfasilitasi siswa menggunakan sumber dan media belajar yang sesuai dengan yang siswa butuhkan. | |
3 | KETERAMPILAN | ||
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dan solutif, melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri | Siswa terampil berpikir ilmiah kritis efektif kreatif mandiri Produktf Kolaboratif Siswa terampil bertindak Mendayagunakan teknologiBerkomunikasi dan berkolaborasi ; MemimpinMembuat Keputusan | Guru terampil merumus kan kompetensi tentang penguasaan dan penera- pan ilmu pengetahuan. Satuan pendidikan mem- fasilitasi siswa mengem- bangkanketerampilan bertindak. |